Koalisi Demi Cinta dari Indonesia untuk Mesir

049787700_1441369698-20150904-Bincang-Jokowi-dengan-Abdel-Fattah-Al-Sisi

Pasca the Arab Spring yang menimbulkan reformasi besar-besaran di tubuh pemerintahan negara Tunisia, Mesir, Libya, dan Yaman maka ada beberapa keunikan yang dimunculkan oleh tiap negara dalam mengembangkan sistem demokrasi ala Timur Tengah. Entah Indonesia yang (mungkin) menginspirasi lahirnya penamaan koalisi seperti Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) atau mungkin ada benih-benih “revolusi cinta” yang ingin ditampilkan beberapa negara Timur Tengah maka Mesir sebagai salah satu negara yang selalu menghadirkan pemimpin-pemimpin besar di Timur Tengah seperti Gamal Abdul Nasser, Anwar Sadat, Husni Mubarok, dan Muh.Mursi kali ini menghadirkan suatu bentuk koalisi yang dinamakan Koalisi Demi Cinta (KDC). (Kompas, 23/10/2015)

Koalisi dibentuk oleh presiden Mesir El-Sisi dengan menggandeng mantan perwira militer, polisi, dan partai politik yang beraliran liberal. KDC dibuat untuk membentengi El Sisi sekaligus melawan partai politik yang beraliran Islamis seperti Partai Kebebasan dan Keadilan (FJP). FJP merupakan sayap politik dari Nour Salafi dan IM (Ikhwanul Muslimin). Kemenangan mutlak KDC dalam pemilu parlemen tahap I membuat perubahan paradigma politik bergeser dari Islamis menjadi Liberal. Fenomena ini seakan ingin menegaskan bahwa the Arab Spring ingin merubah Timur Tengah yang semula Islamis menjadi Liberal. Jika kemenangan KDC berlanjut sampai pemilu parlemen II maka Mesir sepenuhnya ingin menjustifikasi bahwa Mesir pro terhadap Barat.

Jika boleh saya berasumsi, penamaan Koalisi Demi Cinta pasti El Sisi pernah dapat saran Om Jokowi. Kenapa bisa begitu ? Indonesia dan Mesir telah merajut hubungan sejak 60 tahun lamanya. FYI, Pertama, Mesir adalah negara Timur Tengah pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Kedua, Mesir juga satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki peci Soekarno dan Jalan protokoler yang diberi nama Jl.Soekarno. Ketiga, Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang dikunjungi El Sisi sejak dia menjadi penguasa Mesir. Jika asumsi saya. bermutu, pasti anda akan setuju.

Intermeso

Di sore hari saat Om Jokowi menawarkan secangkir kopi kepada El-Sisi maka pada saat itulah perbincangan menjurus serius tercipta.

Si, nek koe arep menang neng pemilu mending koe nggawe koalisi wae.”

“Koalisi koyo opo Jok ?”.

Yo nggawe jeneng koalisi koyo aku Koalisi Indonesia Hebat. Kui ampuh tenan njuk aku iso menang neng pemilu, Si.”

“Enake nggawe jeneng koalisi opo yo Jok?”.

“Saranku, nggawe wae seng ono tema percintaan. Kan tema cinta lagi ngehits to neng Timur Tengah. AS karo Rusia kan lagi seneng gawe kosakata perdamaian atas nama Cinta. Padahal yo “angel” damai nek Rusia karo AS ngubek-ubek Timur Tengah, la wong Rusia karo AS kui produsen terbesar senjata di dunia.

”Iyaa sih Jok, aku wae mbendino ditawari senjata seko AK 47 sampek Nuklir kok karo AS lan Rusia. Nek ra ditrimo njuk aku ngelawan oposisiku gawe opo ? Mosok gawe bamboo runcing koyo bangsamu Jok ? Hahaha.

“Nah makane talah terimo wae senjata seko AS lan Rusia kae. Pie nek nggawe jeneng Koalisi Atas Nama Cinta, opo Koalisi Revolusi Romansa, opo iki wae Koalisi Demi Cinta ?.”

“Ketoke apik seng terakhir Jok, nek Atas Nama Cinta kan wes digawe grup Band Dewa, nek Revolusi Romans awes digawe Hitman System, mending nganggo Koalisi Demi Cinta.”

“Wes yoo deal wae, nggango jeneng Koalisi Demi Cinta, ojo lali air sungai Nil 1000 Liter karo kurmane yo Si.”

“Siaaap Jok”.

 

Begitulah kira-kira obrolan El-Sisi ketika berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Jokowi beberapa waktu silam. Sekian.

*Sesekali ‘nulis’ tentang Timur Tengah biar dikira anak KTT.

Advertisements

Grogi

Setiap orang tentunya pernah merasakan grogi apapun bentuknya. Contohnya, seperti saya yang tadi sore grogi karena harus melawan Sang Juara bertahan dalam turnamen bulutangkis. Tentu saja hasilnya mudah ditebak, saya kalah. Hahaha. Contoh lain adalah teman saya yang bernama si Ndut. Dia grogi bahkan sampe harus BAB sebanyak 6x sebelum memasuki ruang sidang skripsi. Ada lagi temen saya yang bernama Kribo yang harus c*li sebelum pertandingan futsal. Dan yang paling unik adalah temen saya yang bernama Djarwok yang selalu mengusap~usap rambutnya jika dirinya grogi untuk bertemu seorang wanita. Grogi adalah sifat yang wajar. Kalo anda tidak pernah grogi berarti anda ga normal. Kalo anda ga normal berarti anda tidak waras. Kalo anda tidak waras berarti anda termasuk alien dari planet Kiripton. Saran saya, anda harus grogi supaya anda bisa dikatakan normal. Karena grogi adalah alasan anda pernah merasakan jatuh cinta.

Derekonstruksi Indomie Goreng

indomie-gorengIndomie Goreng adalah salah satu makanan favorit di Indonesia. Jika nasi adalah makanan primer I maka indomie goreng adalah makanan primer II. Setiap manusia yang pernah atau bahkan telah tinggal di Indonesia pasti menikmati salah satu jenis makanan terbaik yang pernah ditemukan oleh Cui Lan Mie (<- diklaim sejarawan alien yang pernah tinggal di Indonesia). Menurut buku-buku ekonomi yang pernah saya baca, Indonesia termasuk pengekspor indomie no.2 untuk Benua Afrika. Bahkan di negara Nigeria, mie merupakan makanan primer I. Mungkin karena Mie Goreng adalah alasan mengapa manusia Nigeria bisa bertahan hidup.

Anda tahu ? Indomie goreng merupakan makanan dengan proses ‘terumit’ yang pernah ada. Indomie goreng termasuk dalam kajian derekonstruksi kuliner. Meminjam istilah dari teman sejawat saya di KBM 2015, menurut saya Derekonstruksi adalah proses penghancuran objek kemudian mengembalikan objek tersebut menjadi objek terbaik daripada sebelumnya. Let’s see Mie Goreng.

Untuk membuka bungkus mie goreng, anda harus menggunakan sesuatu yang tajam contoh gunting, gigi atau gunting kuku. Anda harus hati-hati dalam mengangkat mie tersebut. Indomie tersebut bisa kokoh dan beku karen proses lilinasi (maksudnya memberi lilin ke dalam mie). Nah ini yang paling unik. Pertama, sudah jelas namanya mie goreng tetapi kenapa harus direbus terlebih dahulu. Ini sungguh aneh !!! Mungkin ini yang dinamakan dekonstruksi terhadap indomie goreng. Selanjutnya, anda bisa aduk mie tersebut sampai blenyek-blenyek (baca : kenyal). Anda tiriskan mie tersebut lalu anda taruh di dalam piring atau mangkok. Nah ini juga unik. Kedua, mie tersebut bisa anda sebut mie goreng jika sudah diberi kecap. Seharusnya dinamakan saja mie kecap namun khalayak awam menyebutnya mie goreng karena hasil olahan mie tersebut menjadi kecoklatan seperti telah digoreng. Mungkin ini yang dinamakan dengan rekonstruksi terhadap indomie goreng.

Jadi pada intinya derekonstruksi Indomie goreng memiliki dua unsur yang cukup penting yaitu Direbus dan Kecap.

Saya jadi penasaran, siapakah yang pertama menemukan ide untuk mengolah Indomie goreng yang sedemikian ‘rumitnya’. Seharusnya penemu ide tersebut masuk ke dalam Guinness Book Of Record sebagai penemu ide olahan Indomie goreng dengan proses tersebut. Nah, yang paling penting adalah Indomie goreng harus segera dipatenkan sebagai Indomie goreng khas Indonesia !!!

*Indomie Goreng adalah mesias bagi manusia yang suka begadang di malam hari.

Dewi itu Saviornya Homogenic

Memasuki bulan blogging ke 15, setiap anak diminta Sang Empu untuk menulis sebuah review terhadap tulisan seseorang. Setelah dihitung oleh Sang Empu menggunakan rumus SUM=AVERAGE, maka saya mendapatkan tugas untuk me-review tulisan Dewi Fadhilah Soemanegara. Jujur, saya belum pernah kenal bahkan mengerti Dewi itu jenis manusia apa. Yang saya tahu adalah si Dewi adalah anak KBM 2015 dan peserta bulan blogging KBM.

Setelah ‘kepo‘ dan ‘stalking’ blognya, izinkan saya untuk mengambil satu tulisan yang membuat saya tertarik untuk me-reviewnya. Homogenic-Destiny. Saya sangat jarang menemui manusia yang menyukai jenis musik ini. Entah saya yang kuper atau memang saya justru menghindari musik seperti ini. Yang saya tahu dari Homogenic adalah lagunya yang berjudul “Seringan Awan”. Udah itu aja. Saya mendengar lagu tersebut karena adik saya sering menyetel di playlist kompinya. Bila hadirmu buat hatiku, seringan awan. Cuma itu lirik yang saya tahu. Hahaha

Mungkin boleh saya katakan kalo si Dewi bisa disebut sebagai “Savior” (sebutan fans homogenic) karena dia telah menulis Homogenic di blognya sebanyak 5x. Dia bisa menceritakan detail tiap lagu homogenic dalam blognya. Dan menurut saya, review yang cukup apik adalah Homogenic-Destiny. Review tersebut mengupas tentang cara pandang manusia dalam memahami takdir. Takdir itu tidak sebatas pilih memilih tetapi juga mencakup peristiwa keutuhan diri yang membuat manusia menjadi baik. Baca tulisan ini.

Kira-kira begitulah yaa review yang saya buat hari ini tentang Dewi. Semoga berkenan. Merci.

Bohong dan Tidak Jujur

HP saya berdering. Kulihat layar HP ternyata nama seniorku.

“Mod, dimana ? Aku lagi di Jogja.” “Lagi servis bang, gimana2 ada arahan ?” sahutku.

“Sibuk ? Ayo ketemuan, ngopi bentar.” “Si ap si ap si ap, nanti aku kabari bang kalo udah  selesai.”

“Kok tumben sekali, mungkin bakalan ada cerita nabi-nabi.” ucapku dalam hati.

Tak lama, 15 menit kemudian servis kendaraanku selesai. Aku langsung tancap gas dan bertemu di salah satu sudut kota Jogja.

“Ayo Mod, pindah tempat. Obrolan kita agak ‘intim’. Aku langsung mengajak ke warung kopi langgananku semasa SMA.

Seperti yang sudah kuduga, obrolan seniorku ini selalu cerita nabi2. Aku pun mendengarkan seksama. Berpikir positif mungkin ada sesuatu yang berguna dan bermanfaat buatku. Tiba-tiba inti pembicaraan mulai dari sini.

“Jadi begini Mod, saya ini heran sama adik saya, berkali-kali sudah saya bilang Jangan Pernah Berbohong. Saya ini Kancil, Kok berani bohongi saya. Boleh tidak jujur tapi jangan pernah berbohong. Sekali berbohong maka kebohongan yang lain akan terus mengikutinya.”

Saya heran apa bedanya Bohong dan Tidak Jujur bang. Bukannya sama saja ?.

“Maksudnya gimana bang ?”

“Tidak Jujur itu bukan berarti Bohong tetapi Bohong itu pasti Tidak Jujur.”

Contohnya begini, Adikku bilang ke bapakku kalo dirinya pergi ke kota Pare buat les B.Inggris. Aku tahu dia pergi ke tempat pacarnya dulu baru pergi ke Pare. Nah bapakku telpon ke adikku tapi adikku ga angkat. Bapakku berpikir mungkin adikku ini sedang dalam perjalanan ke Pare. Trus bapak telpon aku, “Adikmu di rumah mas ?”. Wah ndak tau pak, kayaknya pergi.”

Aku masih belum menangkap arah maksudnya.

“Kalo misal adikku bilang ke bapak, Aku ada urusan bentar pak, setelahnya baru ke Pare. Itu namanya tidak jujur. Nah dia ga bilang kalo ada urusan. Itu namanya bohong Mod.”

Aku mencoba mencerna kata-kata seniorku. Sedikit demi sedikit mulai paham maksudnya.

“Itu loo yang aku ga suka. Sudah saya katakan berkali-kali, dia tetap aja melakukannya. Heran.”

Bukankah tiap manusia sering melakukan kebohongan. Apakah itu normal atau bukan ? Dulu aku sering melakukan perbuatan tersebut. Tapi setelah dipikir-pikir benar juga perkataan seniorku ini. Lebih baik tidak jujur daripada harus berbohong. Hidup lurus itu perlu tetapi sesekali tidak jujur mungkin baik juga untuk dilakukannya. Toh kita bukan Nabi.

“Kamu jangan seperti itu ya Mod, ndak baik kasihan orang lain”. ”

“Iyaa bang.”

Siang itu aku mendapat pelajaran berharga dari seniorku. Hidup itu boleh melakukan ketidakjujuran namun jangan pernah sekali-kali melakukan kebohongan.

*Matur nuwun senior, Ilmunya bermanfaat.

Nostalgia Radio

Lewat Radio, Aku sampaikan kerinduan yang lama terpendam ..

Lirik lagu SO7 mengingatkan aku ke zaman 2000an. Zaman tersebut adalah zaman dimana radio begitu berkembang dengan baik. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, aku selalu menyetel radio dan mencari saluran Yasika FM. Setiap jam 5 pagi, saluran radio ini selalu menyetel lagu-lagu lawas macam The Beatles, Led Zeppelin, Extreme, dll. Band-band lawas dengan lagu evergreen. Penyiar radio tersebut cukup irit bicara. Saling kirim salam adalah menu utama di pagi hari. Biasanya ditujukan kepada orang-orang terkasih bahkan ada orang yang sengaja memperkenalkan diri bahwa dirinya adalah jomblo.

Setelah Yasika FM, aku juga sering mendengar dua saluran lainnya yaitu Swaragama FM dan Prambors FM. Swaragama adalah radio yang dimiliki UGM sedangkan Prambors adalah radio kekinian. Mendengarkan radio adalah keasyikan tersendiri bagi penikmatnya. Acara-acara yang diperdengarkan biasanya paling banyak seputar music. Namun seiring zamannya waktu, banyak acara menarik lainnya. Contoh di Swaragama FM ada acaranya Hitman System dan Graphotips. Hitman System yang dikelola Kei Savouire yang isinya adalah trik – trik menarik hari lawan jenis. Jujur, saya pernah mempraktekan apa yang pernah dikatakan sang Hitman System. Selain itu, Graphotips adalah acara yang menampilkan tulisan seseorang yang kemudian dianalisis. Analisis bisa berupa karakter pribadi (sifat dan watak). Kalo Prambors FM ini selalu menampilkan lagu-lagu kekinian jadi bisa tau apa lagu terbaru yang layak diperdengarkan. Ooh iya, ada lagi Delta FM dengan penyiar yang cukup kondang yaitu IWA K. Rapper yang pandai mengolah kata sehingga pendengar radio betah mendengar celotehannya.

Saat ini, banyak orang yang jarang mendengarkan radio. Mungkin acara seperti kirim salam sudah tergantikan dengan aplikasi media sosial yang ada di handphone. Walaupun begitu, aku masih tetap setia untuk dengerin radio. Karena radio mampu menghidupkan imajinasi manusia.

*Ayo Dengerkanradio Radio !!!