Dari Kinanthi untuk Penikmat Kopi

Prasasti Kinanthi
Prasasti Kinanthi | © Moddie Alvianto Wicaksono

Yogyakarta adalah salah satu kota yang memiliki ratusan kedai kopi. Selain Bandung dan Jakarta, Jogja cukup asyik bagi siapa saja yang hendak menikmati dan melepas penat di kedai kopi. Jalan Kaliurang adalah salah satu kawasan yang memiliki banyak kedai kopi. Kedai Kopi Kinanthi adalah salah satunya, kedai kopi terbaik yang ada di daerah tersebut —pandangan saya pribadi lo.

“Jika kamu membutuhkan suasana minum kopi yang hening, datanglah ke Kinanthi.” Begitulah kata Samid, salah satu sahabat saya yang kini menjadi pelanggan setia Kedai Kopi Kinanthi.

Perkataannya memang benar. Meskipun terletak di jalan kaliurang yang notabene kawasan ramai dan padat, Kinanthi menawarkan keheningan dalam menikmati secangkir kopi. Letaknya tepat di depan asrama mahasiswi UGM. Dinamakan Kedai Kopi Kinanthi karena kedai tersebut berada di dalam gang kinanthi.

Ada meja panjang dengan kursi yang saling berhadapan. Tampaknya di lantai satu ditata dan dibuat untuk aktivitas rapat dan juga tempat bernostalgia. Naik ke lantai dua, terpampang semacam prasasti di sebelah tangga pada pijakan pertama. Isinya penegasan, kedai kopi Kinanthi adalah tempat minum kopi. Bukan ngopi! Kata yang seringkali diucapkan penikmat kopi untuk mensubstitusi padanan kata minum kopi menjadi ngopi.

Di lantai dua ini, kamu akan menemukan kursi dan meja panjang. Serupa dengan lantai satu tapi ukurannya lebih kecil. Di lantai dua banyak didominasi oleh anak-anak muda untuk bersua, bertegur sapa, tersenyum mesra, maupun tertawa bahagia.

Suasana malam di Kinanthi
Suasana malam di Kinanthi | © Moddie Alvianto Wicaksono

Kedai kopi Kinanti memiliki sebuah motto: “Mengedukasi penikmat kopi”. Berdiri sejak 15 April 2016, pemiliknya adalah Pak Dul. Beliau ingin memberikan sensasi minum kopi yang berbeda kepada seluruh pengunjung kedai ini. Di tempat ini pula, kamu akan menemukan berbagai macam varian kopi yang berbeda dari tempat biasanya.

Ada Es Kopi Kubus; campuran dari susu putih yang dipadu dengan es balok yang terbuat dari kopi. Rasanya sangat menyegarkan di kerongkongan. Ada pula Arabica Green Coffee yang dikhususkan bagi kamu yang sedang diet. Wanginya semerbak dan rasanya sungguh unik.

Bagi anda penyuka kopi lokal, disinilah tempatnya. Bermacam-macam kopi lokal tersaji di kedai kopi Kinanthi. Ada Bajawa, Ciwidey, Temanggung, dan masih banyak lainnya. Mau minta dibuatkan tubruk? Bisa! V60? Bisa! Dan jangan salah, jika biasanya barista kedai kopi adalah anak-anak muda maka di Kinanthi akan langsung diracik si empunya; Pak Dul.

Harganya bervariasi mulai dari 10 ribu hingga 20 ribu. Kamu pun bisa juga menikmati minuman selain kopi seperti teh maupun smoothies. Untuk kudapan, Kinanthi menyediakan aneka macam; mulai dari kentang goreng hingga roti bakar aneka rasa.

Menu Kopi Pagi
Menu Kopi Pagi | © Moddie Alvianto Wicaksono
Kopi Tubruk Temanggung
Kopi Tubruk Temanggung | © Moddie Alvianto Wicaksono

Kedai kopi Kinanthi buka setiap hari, dari pukul 16.00 hingga menjelang dini hari. Bagi pecinta minum kopi pagi, sebaiknya kamu datang ke Kinanthi pada hari Selasa dan Sabtu. Kinanthi buka dari pukul 05.30 sampai 08.30 pagi.

Pengunjung kedai ini kebanyakan adalah mahasiswa. Mereka menghabiskan malam dengan mengerjakan tugas, skripsi, maupun tesis. Kadang pula mereka menikmati pagi dengan secangkir kopi panas.

“Gue kalo ga ke Kinanthi ga bisa ngerjain tesis mas.” ujar Levi, salah satu mahasiswa UGM yang kini menjadi pelanggan tetap Kinanthi.

Ya. Kinanthi memang sengaja didesain untuk membuat manusianya bertahan lama di tempat tersebut. Terkadang kenikmatan kopi tidak hanya berasal dari kopi itu sendiri. Mungkin juga berasal dari kenyamanan tempat yang disediakan.

Namun, Kinanthi berbeda, sajian kopi dan ruangan menjadi satu keutuhan yang saling membaur dan mendukung. Di kedai kopi Kinanthi kita tidak hanya menikmati kopi namun juga teredukasi.

Tulisan ini dimuat pada situs minumkopi tanggal 6 Januari 2017.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: