Plat Nomor

Tau Plat Nomor ? Itu yang ditaruh di depan dan di belakang kendaraan bermotor anda. Kalo sudsh tau monggo disimak tulisan ini. Kalo ndak berarti ya ndak usah dibaca. Kalo berarti, alhamdulillah bermanfaat bagi anda.

Di Indonesia bahkan di dunia, Plat Nomor kendaraan bisa dikatakan sebagai identitas seseorang. Ndak perlu melihat KTP, seseorang dapat menggambarkan identitas pribadi anda melalui plat nomor kendaraan. Anda pasti pernah mengalami kejadian seperti saya.

Contoh, secara tidak sengaja anda bertatap muka atau lebih parahnya kendaraan anda terserempet dengan kendaraan orang lain, maka pertama kali orang tersebut akan melihat (secara tidak sadar) plat nomor anda. (Mungkin) hanya ingin memastikan anda berasal dari daerah mana. Kalo kebetulan anda adalah orang Jogja, mungkin yang menabrak anda justru minta maaf. La wong jelas, orang Jogja itu paling ahli dalam berkendara, la kok ditabrak. Kalo anda adalah orang Jawa Timur utamanya Surabaya/Malang, maka yang menabrak anda justru lebih baik melarikan diri daripada duel. Sapa coba yang ndak kenal dengan arek2 Surabaya/Malang. Bisa digilas yang menabrak anda.

Tapi (terkadang) semua sepakat. Jika yang menabrak anda adalah orang yang berasal dari daerah ibukota maka lebih baik diajak berduel. Saya juga ndak ngerti. Entah kenapa beberapa orang non ibukota umumnya sinis dengan pengendara dari Ibukota. Entah mungkin cara berkendaranya atau memang watak dari orang-orang ibukota. Tentu anda sudah tau kan plat nomor mana yang saya maksud. Saya ndak rasis, cuman kenyataannya begitu. Coba saja kamu bertanya kepada orang-orang non Ibukota.

Di Indonesia ada beberapa plat nomor yang tiap daerah harus berbagi dengan daerah yang lain. Contoh plat AG. Plat tersebut melingkupi Kediri, Tulungagung, Blitar. Plat S melingkupi Jombang, Mojokerto, Mojokerto, Bojonegoro dan masih banyak lainnya. Uniknya, hanya orang yang berasal dari daerah tersebut yang benar2 tau arti plat tersebut.

Ketentuan bahwa orang tersebut adalah orang asli Kediri atau Blitar maka dilihat dari huruf belakangnya. Contoh AG xxxx EC. Pemilik plat tersebut kemungkinan daerah kota Kediri. Yang saya belum paham adalah penentuan bahwa huruf E adalah orang Kediri atau AG xxxx MN adalah orang Tulungagung. Apakah hal tersebut berdasarkan kasta, sejarah, politik, atau hanya asal2an. Mungkin anda lebih tau.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s