Pemilik Ilmu

Siapakah pemilik ilmu di dunia ini ?Albert  Einstein ? Issac Newton ? Karl Marx ? Hassan Hanafi ? atau siapa ?. Sejatinya tiap manusia pasti memiliki ilmu namun belum tentu mengembangkannya. Adagium yang pernah terlintas di pikiran saya adalah Bakat Terpendam Goblok Meluap. Kenapa bisa begitu ? karena manusia memang jarang menggunakan ilmu. Lebih suka menyimpan daripada mengembangkannya. Sekali lagi, bentuk kepercayaan diri yang kurang dan sifat ketakutan akan tampil membuat ilmu manusia tidak terlatih dengan baik.

Belajarlah karena seseorang tidak dilahirkan dalam keadaan pandai. Dan pemilik ilmu itu tidak sama dengan orang yang bodoh.

Salah satu pembentuk ilmu adalah dengan membaca buku. Tak heran ada adagium “Buka adalah Jendela Dunia”. Kamu membaca buku maka pengetahuanmu akan bertambah. Yakinlah akan hal itu. Jika kamu tidak mampu mebaca buku minimal kamu bertemu dengan orang-orang baik. Masalahnya orang-orang baik seringkali lebih tersembunyi daripada orang-orang jahat. Namun pada intinya, manusia itu makhluk sosial yang harus saling berinteraksi satu dengan yang lain. Berinteraksi dengan orang lain itulah yang memudahkan kamu untuk mendapatkan ilmu. Belajar untuk mendapatkan ilmu tidak harus ke orang cerdik pandai (guru, dosen) namun bisa juga dengan orang seperti pengamen, tukang sayur karena biasanya orang-orang tersebut memiliki ilmu yang yang sifatnya moral.

Belajarlah kamu sampai ke Negeri Cina dan yang paling penting adalah terus belajar di usia muda karena belajar di waktu tua bagai mengukir di atas air. Belajarlah kepada pemilik ilmu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s