Pesta Kata

Kemampuan manusia dianggap cerdas atau tidak cerdas (konon) dilihat dari tulisan-tulisannya. Tidak hanya asal debat kata di udara tetapi juga mampu untuk menuangkan isi pemikirannya dengan berbagai tulisan. Tetapi untuk menemukan manusia seperti itu tidaklah mudah. Ada manusia cukup pandai retorika di udara namun kurang aktif dalam retorika di tulisan. Begitu pula dengan sebaliknya.

Dalam dunia akademik, hal tersebut jamak dijumpai baik di kalangan dosen maupun di kalangan mahasiswa. Jujur, memang tidak mudah menjadi seimbang antara berbicara serta menulis. Aku pun begitu. Sifat malas dan kurang berani adalah dua hal yang cukup ditakuti. Namun dengan memperbanyak membaca buku maka pengetahuan dan kepercayaan diri manusia pasti bertambah. Bagi yang kurang pandai berbicara, cobalah untuk berbicara di depan cermin karena cermin tidak punya kuasa untuk menghakimi dan menganggap manusia benar atau salah. Bagi yang kurang pandai menulis, tulislah apapun ide/gagasan di blog karena blog adalah salah satu wadah kebebasan berekspresi.

Nah, aku mengucapkan terima kasih kepada kawan2 KBM UGM yang telah menyelenggarakan Bulan Blogging selama 1 bulan. Di acara ini saya ‘sedikit’ terpaksa untuk belajar menulis sehingga banyak menghasilkan tulisan kutu sampah. Alhamdulillah walaupun pada akhirnya aku kena satu denda,aku mampu mengikuti acara ini hingga akhir. Semoga aku tetap semangat untuk menulis.

*Bacalah buku, jangan hanya baca udara – Kris Budiman*

Leave a Reply

