Derekonstruksi Indomie Goreng

indomie-gorengIndomie Goreng adalah salah satu makanan favorit di Indonesia. Jika nasi adalah makanan primer I maka indomie goreng adalah makanan primer II. Setiap manusia yang pernah atau bahkan telah tinggal di Indonesia pasti menikmati salah satu jenis makanan terbaik yang pernah ditemukan oleh Cui Lan Mie (<- diklaim sejarawan alien yang pernah tinggal di Indonesia). Menurut buku-buku ekonomi yang pernah saya baca, Indonesia termasuk pengekspor indomie no.2 untuk Benua Afrika. Bahkan di negara Nigeria, mie merupakan makanan primer I. Mungkin karena Mie Goreng adalah alasan mengapa manusia Nigeria bisa bertahan hidup.

Anda tahu ? Indomie goreng merupakan makanan dengan proses ‘terumit’ yang pernah ada. Indomie goreng termasuk dalam kajian derekonstruksi kuliner. Meminjam istilah dari teman sejawat saya di KBM 2015, menurut saya Derekonstruksi adalah proses penghancuran objek kemudian mengembalikan objek tersebut menjadi objek terbaik daripada sebelumnya. Let’s see Mie Goreng.

Untuk membuka bungkus mie goreng, anda harus menggunakan sesuatu yang tajam contoh gunting, gigi atau gunting kuku. Anda harus hati-hati dalam mengangkat mie tersebut. Indomie tersebut bisa kokoh dan beku karen proses lilinasi (maksudnya memberi lilin ke dalam mie). Nah ini yang paling unik. Pertama, sudah jelas namanya mie goreng tetapi kenapa harus direbus terlebih dahulu. Ini sungguh aneh !!! Mungkin ini yang dinamakan dekonstruksi terhadap indomie goreng. Selanjutnya, anda bisa aduk mie tersebut sampai blenyek-blenyek (baca : kenyal). Anda tiriskan mie tersebut lalu anda taruh di dalam piring atau mangkok. Nah ini juga unik. Kedua, mie tersebut bisa anda sebut mie goreng jika sudah diberi kecap. Seharusnya dinamakan saja mie kecap namun khalayak awam menyebutnya mie goreng karena hasil olahan mie tersebut menjadi kecoklatan seperti telah digoreng. Mungkin ini yang dinamakan dengan rekonstruksi terhadap indomie goreng.

Jadi pada intinya derekonstruksi Indomie goreng memiliki dua unsur yang cukup penting yaitu Direbus dan Kecap.

Saya jadi penasaran, siapakah yang pertama menemukan ide untuk mengolah Indomie goreng yang sedemikian ‘rumitnya’. Seharusnya penemu ide tersebut masuk ke dalam Guinness Book Of Record sebagai penemu ide olahan Indomie goreng dengan proses tersebut. Nah, yang paling penting adalah Indomie goreng harus segera dipatenkan sebagai Indomie goreng khas Indonesia !!!

*Indomie Goreng adalah mesias bagi manusia yang suka begadang di malam hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s