Angka 5 adalah Angka Vital

Ada banyak mitos yang terdapat di berbagai belahan dunia. Menurut saya, mitos itu berupa simbol, tanda, atau angka. Kalo menurut Roland Barthes mitos itu adalah (baca bukunya yaa, jangan malas membaca, hehe). Mitos bisa dimaknai secara positif dan negatif tergantung dari sudut pandang siapa yang menilainya. Kali ini saya memilih membahas mitos angka karena beberapa angka yang diagungkan. Seperti contoh angka 4. Angka 4 ini adalah angka yang menakutkan bagi orang – orang ras Tiongkok. Jika kamu pernah melihat mall/apartemen/hotel yang mana liftnya atau kamar hotelnya tidak ada angka 4 maka dapat dipastikan pemilik tempat tersebut adalah orang – orang ras Tiongkok. Untuk mengganti angka 4 biasanya mereka memberi angka 3a adan 3b. Mereka percaya bahwa angka 4 akan memberikan kesialan baginya. Mungkin secara fengshui angka 4 kurang cocok bagi ras Tiongkok. Kalo tadi angka 4 maka di dunia Barat ada angka yang cukup memberikan kesialan yaitu angka 13. Saya kurang tahu pasti kenapa bisa angka 13 dimaknai kesialan. Yang jelas angka ini merupakan momok bagi siapa saja yang mempercayainya. Penggunaan dan penggantiannya hampir mirip dengan angka 4. Mereka memberi angka 13a atau 13b bahkan lebih cenderung menghilangkannya. Beruntung, saya tidak mempercayai angka 13 ini. Jika saya mempercayainya, mungkin saya memohon Tuhan memundurkan atau dimajukan saja tanggal lahir saya. Hahaha.

Nah setelah menilik angka 4 dan angka 13, sejatinya ada angka yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh khalayak intelektual. Angka tersebut adalah angka 5. Di dunia ini, mungkin hanya masyarakat Indonesia yang memaknai bahwa angka 5 adalah angka yang harus diucapkan tiap hari. Percaya atau tidak ? Contoh, jika makanan anda terjatuh maka bisa dipastikan anda atau mungkin teman anda akan berkata “diambil aja, belum 5 menit kok”. Jika anda sedang mengerjakan tugas kemudian diberi waktu untuk segera menyelesaikan maka spontan anda akan berkata “bentar pak/bu, 5 menit lagi yaa”. Bahkan ada lagu/iklan yang pernah saya ingat berujar, “ 5 menit lagi, aaah aah ah”. Selain ucapan – ucapan yang tidak disengaja tersebut, ada beberapa hal yang selalu berkaitan dengan angka 5. “Slogan 4 sehat maka 5 sempurna” ; Sholatlah 5 waktu secara teratur ; Coba cek kaki dan tangan anda, setiap sisinya jumlahnya 5 ; huruf vokal dalam alphabet Indonesia berjumlah 5 ; Dasar Negara kita Pancasila juga berjumlah 5. Coba anda cek saluran televisi swasta M*tro TV, setiap acara yang dimulainya selalu dilewatkan 5 menit (10.05 , 20.05) dan masih banyak lagi yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu. Menurut saya angka 5 ini adalah angka vital yang tidak hanya dipercaya orang Indonesia bahkan mungkin orang Londo. Anda mungkin tidak sadar tapi anda pasti pernah melakukannya bukan ? Atau bahkan anda justur mempercayai sebagai angka magis anda ? Terserah anda yaa …

*Inspirasi tulisan ini ketika saya mengikuti kuliah Prof.Heddy Shri Ahimsa Putra tentang strukturalis. Matur nuwun nggih prof.*

7 thoughts on “Angka 5 adalah Angka Vital

Leave a Reply

