On Time

On time atau tepat waktu adalah sesuatu yang sangat jarang dilakukan masyarakat Indonesia. Terlambat lima bahkan sampai 30 menit adalah sesuatu yang wajar. Kebiasaan ini bahkan sudah menjamur ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Saya benci sesuatu yang ga tepat waktu. Saya selalu mengusahakan semuanya tepat waktu. Ini saya lakukan demi menghargai waktu. Mengapa waktu harus dihargai ? Karena waktu ga bisa diulang. Pernah suatu ketika kuliah, saya melakukan kebodohan tidak mengumpulkan laporan magang. Terlambat lebih tepatnya. Dosen tidak mengampuni saya dan akhirnya saya harus mengulang magang 3x. Tidak mengenakkan dan saya bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam kuliah kali ini.

Di Indonesia sesuatu yang tepat waktu bisa diitung dengan jari. Bel saat masuk sekolah dan jam keberangkatan kereta api. Selain itu tak ada sesuatu yang menyamainya dalam hal tepat waktu. Bahkan pemimpin di negeri ini pun sering melakukan tindakan ga tepat waktu. Entah ini kebiasaan baik atau buruk seharusnya hal seperti ini ga baik untuk diteruskan. Jepang adalah salah satu Negara yang sangat menghormati dan menghargai waktu. Sebagai contoh, ketika anda terlambat saat naik kereta api maka perusahaan kereta api segera memberi surat keterlambatan ke seluruh penumpang supaya perusahaan / orang yang dituju dapat memakluminya. Itulah mengapa masyarakat Jepang selalu disiplin dalam melaksanakan apapun.

Ketahuilah bahwa sesuatu yang terlambat itu ga enak. Ga tepat waktu masuk sekolah/kerja, ga tepat waktu janjian sama pacar bahkan terlambat untuk “mencabut” sesuatu bisa berakibat fatal. Lalu bagaimana cara mengatasi supaya tepat waktu ? 1) Usahakan pasang alarm di alat komunikasi anda. 2) Harus memiliki keresahan. 3) Jangan bersikap woles. Tiga hal ini wajib anda ketahui dan kuasai supaya dikemudian hari anda tidak terkena hukuman atau semacamnya. Kecuali jika anda memang dari sononya selalu woles dalam menghadapi ketepatan waktu. Jangan pernah membaca tulisan ini jika anda suka terlambat bahkan bertemu dengan saya. Sekali lagi saya harus katakan, saya suka tepat waktu karena bagi saya waktu adalah sesuatu yang harus diteladani seperti kata Ungu “ Dan demi Waktu” …

Leave a Reply

